Resep Sambal Pecel Lele Simantap

Resep Sambal Pecel Lele

Olahan Ikan Lele - Warung nasi pecel lele dengan jumlahnya yang banyak dan seiring dengan popularitas ikan lele menanjak serta harganya yang relatif murah. Pecel lele menjelma menjadi salah satu buruan orang-orang, tak kenal itu Bos, karyawan, mahasiswa dan siswa, atau masyarakat biasa, pasti sudah tidak asing lagi. Akan tetapi satu hal yang sangat membedakan antara warung nasi pecel lele yang satu dengan yang lainnya adalah sambalnya.

Bagaimana ya cara pembuatan sambal pecel lele yang sangat enak dan pas dengan citarasa ikan lele.


Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan sambal pecel lele. Agar apa yang diolah sesuai dengan harapan, perhatikan dengan seksama jumlah takarannya.

Bahan-bahan sambal pecel lele:
  • 250 gr tomat sayur yang berwarna merah dan bukan tomat buah yang memiliki daging tebal.
  • 100 gr bawang merah ukuran sedang agar saat digoreng cepat matang.
  • 3 buah cabe merah.
  • 5 siung bawang putih.
  • 5 butir kemiri.
  • Cabe rawit secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Gula merah secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.
Selanjutnya langkah-langkah yang Anda harus lakukan dalam proses pengolahan sambal pecel lele. Perhatikan setiap langkah dengan cermat, terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan durasi pemrosesan dan takarannya, agar menghindarkan masakan Anda dari kegagalan hanya karena kurang teliti.

Cara Pembuatan Sambal Pecel Lele Simantap:
  1. Siapkan poin 8-9 ke dalam cowet, ulek sampai halus.
  2. Goreng poin 2-5 sampai berwarna kecokelatan, angkat dan masukkan ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Ulek dan jangan sampai terlalu halus.
  3. Goreng tomat, besarnya api disesuaikan, minyak harus cukup panas saat tomat dimasukkan ke wajan, "api yang terlalu besar akan menyebabkan bagian luar tomat gosong sedangkan bagian dalamnya belum cukup masak, api yang terlalu kecil menyebabkan rasa sambal nantinya asam".
  4. Setelah cukup matang, angkat dan campurkan ke dalam bumbu yang lainnya. Ulek jangan sampai terlalu halus. 
  5. Sambal yang dibuat cukup untuk 6 porsi. Jika suka, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk limau untuk menambah aroma dan rasa asam yang unik. 
  6. Rasanya kurang lengkap jika tanpa kehadiran sayuran yang bisa disantap mentah-mentah atau yang disebut lalapan. Silahkan pilih lalapan berikut yang anda suka, Timun, Kol/kubis, Daun selada, Surawung, Tomat, atau kol goreng.

Resep Sambal Pecel Lele Simantap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown